Diduga Kuat Pejabat Dinkes Tuba Tilep 16 Bulan Insentif Kader Posyandu



Tulang Bawang, (LPI) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang seakan menutup mata dan telinga atas keluhan para Kader Posyandu dan Bidan Kampung yang selama 1 tahun lebih Insentif mereka belum terbayarkan oleh pihak Dinas Kesehatan. "Jum'at" (17/10/2024).

Mendapat informasi keluhan tersebut awak Media ini mendatangi Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang berharap bisa bertemu dengan Kadis ataupun Sekretaris Dinas Kesehatan untuk dimintai keterangan tentang Anggaran Insentif untuk para Kader Posyandu yang belum terbayarkan.

Namun sangat disayangkan sesampainya awak Media di Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Kepala Dinas Kesehatan Patoni,  dan Sekretaris Dinas Kesehatan Ari Sandi tidak bisa ditemui dengan alasan lagi ada rapat internal dinas.

Namun anehnya berselang lebih kurang 3 menit lamanya petugas keamanan Satpol- PP yang jaga menyatakan bahwa Kepala Dinas dan Sekretarisnya sudah keluar dari pintu belakang dikarenakan ada undangan di ruang rapat sekda lantai 2.

Saat dijumpai awak Media ini Arisandi selaku Sekretaris Dinas Kesehatan di depan ruangan rapat Sekda Kab. Tulang Bawang dirinya menyatakan Untuk berapa hari ini tidak ada waktu untuk bertemu karena dirinya mengurus orang tuanya sakit silahkan temui saja yang membidangi, pak Sugeng kalau dia tidak ada minta nomor sama staf yang ada katakan saya yang menyuruh.

” Untuk beberapa hari ini saya tidak ada waktu untuk bertemu, karena sehabis rapat ini, saya akan pergi ke Metro untuk mengurus orang tua saya sakit yang akan di Operasi,” Ucap Ari Sandi Sembari melangkahkan kakinya meninggalkan awak Media.

Mendapat jawaban seperti itu, awak Media ini pun segera bergegas untuk mengunjungi, Sugeng selaku Bidang Kesehatan Masyarakat, untuk meminta keterangan tentang keluhan para Kader Posyandu yang di maksud, sesampainya awak Media diruangan kerjanya namun sangat disayangkan. Sugeng pun tidak ada.

Tidak bisa bertemu dengan pak Sugeng awak Media ini pun mencoba untuk menghubungi beliau dengan sambungan Via Heandpone pribadinya, berkali-kali dihubungi meski berdering namun pak Sugeng selalu menolak panggilan masuk dari awak Media, dicoba di hubungi melalu sambungan Chat WhatsApp berkali-kali dikirim pesan chat tetap saja Sugeng tidak membalas chat yang dikirim awak Media.

Disisi lain salah satu Kader Posyandu yang tidak mau nama dan identitasnya tidak mau disebutkan di Media ini, dia mengeluh lantaran insentif mereka sudah lebih dari 1 tahun belum terbayar oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang terhitung dari Juli 2023 sampai Oktober 2024 ini.

” Ya Saya Kader Posyandu membenarkan bahwa Insentif kami Tahun 2023 baru terbayarkan hanya 6 bulan.  Sedangkan Tahun 2024 ini dari Bulan Januari 2024 sampai Bulan Oktober 2024 insentif kami belum terbayarkan sampai hari ini jadi insentif kami sudah 16 bulan tidak dibayar oleh pihak terkait.,” Jelasnya.

Kami selaku Kader Posyandu ini, cuman bisa berharap, agar Pemerintah Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang bisa menyelesaikan Insentif kami yang sudah 1 Tahun lebih belum terbayarkan kami sangat berharap sekali, jika insentif kami itu diselesaikan.

Lebih lanjut dirinya menyatakan,” Namun harapan kami, mungkin hanya tinggal harapan saja, kerena sebentar lagi sudah Ahir tahun, jika lewat lagi ahir tahun ini insentif kami tidak keluar maka punahlah harapan kami ini.

Insentif kami itu memang kecil hanya Rp 100.000 saja, namun sekecil apa pun itu adalah hak kami sebagai Kader-Kader Posyandu, kalau dulu tidak ada anggaran untuk insentif kami itu, mana mungkin kami berharap seperti ini, karena dulu itu ada anggaran untuk insentif kami sebagai Kader, makanya kami sangat berharap.

Namun anehnya sekarang insentif kami itu tidak diberikan lagi, coba bayangkan dari tahun 2023 sampai tahun 2024 ini, insentif kami ini baru keluar 6 bulan saja, ada apa ini sebenarnya, apa memang tidak di anggarkan lagi, atau di hilangkan insentif kami itu,” Pungkasnya.

Awak Media ini akan koordinasi dengan Ormas PEKAT-IB Kabupaten Tulang Bawang untuk menelusuri lebih lanjut untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terkait dengan insentif Kader Posyandu dan lainnya belum terbayarkan yang sudah dikeluhkan oleh para Kader Posyandu.

Sampai diterbitkan berita ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang belum bisa di mintai keterangan tentang adanya keluhan-keluhan kader Posyandu yang mana insentif mereka sudah lebih 1 tahun belum Terbayarkan oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang.

(Rudi R).