Plt. Kadis Pertanian Tulang Bawang Gelar Kegiatan Panen Raya Kampung Sumber Agung

 



Tulang Bawang, (LPI) -Dalam rangka acara Panen Raya hasil lumbung padi yang terletak di salah satu Kampung Sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang. "Rabu" (09/19/2024).


Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Gubernur, Pj. Bupati Tuba, Danrem 043 Garuda Hitam, Danlanud Bun Yamin, Kodim 0426 Tuba, Kejaksaan Negeri Menggala, Kapolres Tuba diwakili Polsek Rawa Pitu, Kadis Potdirga, Camat Rawa Pitu, Kepala Kampung Sumber Agung, Seluruh Gapoktan Se-Kecamatan Rawa Pitu

Tenaga Ahli Menteri Bidang Sotimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Mineral, Staf Ahli Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Dan Holykultura Provinsi Lampung, Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Lampung, Kepala Balai Penerapan Standar Di Sasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Lampung, Tim Direktorat Jenderal Kementerian Ketahanan Pangan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Pj. Bupati Tulang Bawang "Ferli Yuledi, dalam kata sambutannya, beliau mengatakan kata apresiasi kepada Menteri Pertanian Pusat dan nampak Pj. Bupati juga sangat terkesan bangga terhadap Gapoktan Se-Kecamatan.

Nampak terlihat juga dari wajah masyarakat yang hadir di dalam acara tersebut, sepertinya sangatlah bangga dan puas saat melihat hasil dari Panen Raya ini.

Berawalkan dari keluhan para petani yang ada di Kampung Sumber Agung, yang selalu banyak keluh kesahnya dalam bercocok tanam dilumbung area sawah tempat mereka usaha.

Karena yang selalu dikeluhkan hasil dari panen mereka selama ini tidak sepadan dengan juri payah mereka dalam berusaha bercocok tanam.

Melalui Plt. Kepala Dinas Pertanian Tulang Bawang "Nurhasanah, yang telah berhasil menyalurkan sebuah Program-program, baik itu program dari pihak Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, hingga pihak Pemerintah Pusat yang kini sudah dikerjakan oleh Gapoktan/poktan di Kampung Sumber Agung.

Alhamdulillah" semua berjalan mulai lancar dalam usaha pertanian mereka, itu semua berkat program bantuan dari Menteri Pertanian Pusat. Dengan adanya bantuan Pompanisasi yang berguna untuk mendongkrak perluasan tanaman dan bantuan Saluran Air yang juga berguna agar tanaman bisa cepat tumbuh subur.

Sehingga perkiraan Plt. Kadis Pertanian Tuba "Nurhasanah, hasil dari panen saat ini luas lahan sekitar 50 Hektar bisa mencapai 5,1 Ton. Itu belum termasuk yang belum siap dipanen kedepannya.

Masyarakat dan para Gapoktan di Kampung Sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang berharap kepada Menteri Pertanian Pusat agar kedepannya dapat lehih banyak lagi menurunkan bantuan Pompanisasi, bantuan Saluran Air serta bantuan alat lainnya. "Tutupnya. (Rudi R)